Sabtu, 04 Februari 2017

MENHAN THAILAND AKAN SELIDIKI BBC ATAS PROFIL BARU SANG RAJA



Rabu 7 Desember 2016, Menteri Pertahanan Thailand mengatakan “pihak berwenang akan menyelidiki BBC atas kecurigaan menghina kerajaan” terkait profil berbahasa Thailand mengenai Raja baru yang memicu kemarahan di media sosial. 
penghinaan pada harga diri monarki merupakan kejahatan yang dianggap serius. di bawah undang-undang Thailand dan pelanggarnya dapat dijatuhi hukuman sampai 15 tahun penjara. 

sejak meninggalnya raja bhumibol adulyadej meninggal dunia pada tanggal 13 Oktober, pada usia 88 tahun setelah 7 dekade menguasai Thailand. 

putranya yang diberi gelar Raja mahal vajiralongkorn bodindradebayavarangkun hari Kamis Pekan lalu. dan BBC Thailand layanan BBC berbahasa Thailand menerbitkan profil Raja baru pada lamannya artikel itu disebarluaskan di media sosial dan beberapa komentar warga Thailand mengatakan kontennya berbau menghina raja. 

yang baru menurut Menteri Pertahanan Thailand. pihak berwenang harus menyelidiki masalah ini ini kewajiban mereka untuk menyelidiki. apapun yang melanggar hukum, BBC menolak memberikan komentarnya. 

tautan ke profil tersebut diblokir oleh Kementerian ekonomi digital Thailand. pada Selasa dan tautannya baru diblokir hari Rabu. pesan di laman BBC Thailand bertuliskan bahwa halaman itu diblokir karena konten yang tidak pantas. 

siapa saja bisa mengajukan keluhan terhadap orang lain dan polisi, selalu menyelidiki kasus semacam itu menurut kelompok hak asasi manusia. 

polisi berpakaian preman dan beberapa tentara berseragam datang ke kantor BBC di Bangkok hari Selasa. menurut para saksi tidak ada satupun staf BBC di sana saat itu dan para petugas itu kemudian pergi. 

polisi mengatakan “mereka akan menyelidiki konten profil Raja baru tersebut” liputan televisi BBC mengenai Thailand telah berulang kali di blokir sejak mangkatnya raja bhumibol. 

Kemudian kami akan meneruskannya sesuai hukum, ujar pejabat polisi senior tersebut kepada wartawan. ia mengaku belum ada yang mengajukan gugatan kepada BBC. 

polisi pada hari Sabtu menahan seorang aktivis demonstrasi Thailand yang beroposisi dengan pemerintahan militer yang telah berkuasa sejak di tahun 2014. 

karena membagikan tautan profile BBC itu, ia kemudian dibebaskan dengan melalui jaminan pemerintahan militer di ABS. memburu kasus dugaan kritikan terhadap monarki. sejak mengambil alih kekuasaan kelompok-kelompok HAM internasional mengatakan aturan tersebut memberikan terlalu banyak ruang untuk interpretasi dan hukumannya terlalu berat.

Berita ini di posting Oleh Makanan Sehat Untuk Kulit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar