Sabtu, 04 Februari 2017

RESEP GULAI KAMBING KHAS INDONESIA

RESEP GULAI KAMBING KHAS INDONESIA

sudah tidak asing lagi jika kita menyebut kata gulai kambing. makanan yang satu ini sangat melekat pada orang Indonesia dikarenakan rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu menjadi salah satu ciri khas masakan gulai kambing ini.
biasanya gulai kambing disajikan beriringan dengan kita memakan sate kambing dimana kuah dari gulai kambing ini Apabila dicampur dengan sambel kacang sate tersebut menimbulkan sensasi rasa yang nikmat dan bikin lidah bergoyang. namun untuk saat ini untuk merasakan nikmatnya gule kambing kita tidak perlu repot repot membeli di rumah makan akan tetapi kita sudah bisa mencobanya di rumah masing-masing.
Karena untuk saat ini banyak situs-situs dan buku-buku panduan masak yang menyajikan berbagai resep gulai kambing Seperti resep gulai kambing Arab, gulai kambing Solo, gulai kambing Aceh, gulai kambing Betawi, gule kambing Ponorogo, gule kambing Madura, dan resep gule kambing yang lainnya yang masih banyak lagi mengalami inovasi dari berbagai daerah masing-masing.
masakan gulai kambing ini jika di nusantara akan identik dengan hari raya Qurban, dimana disitu banyak sekali orang Indonesia yang mendapatkan daging kambing dan pasti mereka akan merujuk sebuah resep yaitu gulai kambing. Bukan Tanpa Alasan resep gulai kambing ini dipilih selain cara membuatnya yang tidak begitu rumit, bahan-bahan untuk membuatnya pun mudah didapatkan dan rasa yang di hasilkan sangatlah nikmat, menggugah selera dan menggoyang lidah.
perlu diketahui bahwa resep gule kambing yang termasuk dalam jenis masakan tradisional yaitu gulai kambing dengan kuah santan dan masakan gulai kambing tanpa santan. hal ini sebetulnya tergantung selera Anda masing-masing, bagi yang suka santan silahkan ditambah santan bagi yang takut dengan kolesterol karena adanya santan maka tidak memakai santan hanya memakai kuah saja. akan tetapi soal rasa tidak kalah lezatnya antara menggunakan santan ataupun tidak.
baiklah ibu-ibu semua yang ingin mencoba membuat masakan kulit kambing ini. saya akan memberikan resep spesial untuk anda semua supaya Anda dapat mempraktekkan memasak gulai kambing di dapur anda masing-masing.
oke bahan utama yang perlu disiapkan : 
1. satu daging kambing kurang lebih 500 gram
2. bumbu bumbunya
- Bawang Putih 3 siung
- bawang merah 6 buah
- kemiri tiga butir
- ketumbar 1 sendok makan
- pala bubuk seperempat sendok teh
- jinten seperempat sendok teh
- jahe dan kunyit masing-masing satu crab atau seruas jempol tangan
- bagi yang suka pedas bisa dimasukkan cabe rawit merah paling tidak 4 atau sesuai selera
- teh klabet dan teh Adas masing-masing paling tidak seperempat sendok teh
- gula garam secukupnya
bumbu pelengkap : 
1. santan kental 1 liter santan ini bisa diganti dengan air biasa sesuai selera
2. lengkuas sekitar 1 ruas ibu jari
3. serai 2 Batang
4. cengkeh 6 buah
5. daun salam 3 lembar
6. kayu manis satu batang
7. Kapulaga 4 buah
8. daun jeruk nipis atau jeruk purut 3 lembar
9. bawang goreng
10. minyak goreng untuk menumis
cara pembuatan : 
1. cuci bersih daging kambing dari segala kotoran yang menempel potong daging yang terdapat kotoran yang tidak bisa dicuci bersih. Setelah dibersihkan potong daging sesuai selera
2. haluskan bumbu
3. siapkan tempat untuk memasak yaitu wajan besar atau secukupnya untuk menumis bumbu halus gunakan api kecil supaya tidak gosong lalu aduk bumbu hingga halus dan mengeluarkan aroma yang sedap
4. setelah bumbu mulai tercium harum masukkan bumbu pelengkap aduk secara merata dan Api tetap nyala kecil terus aduk hingga benar-benar matang tercampur rata dan mengeluarkan bau yang harum
5. masukkan air bersih secukupnya beserta daging kambing yang telah dipotong potong tetap gunakan api yang sedang
6. tunggu hingga daging melunak setelah daging melunak masukkan santan jangan lupa diaduk secara perlahan agar tidak pecah santannya

7. tambahkan gula pasir beserta garam sesuai selera
8. masakan gulai kambing siap dihidangkan dan siap untuk dinikmati
mungkin Cukup sekian beberapa panduan memasak gulai kambing yang spesial. semoga dapat bermanfaat bagi ibu-ibu semua khususnya ibu-ibu yang baru belajar untuk memasak. hanya sekedar saran Jika anda memiliki penyakit hipertensi ataupun darah tinggi saya sarankan ketika akan menikmati masakan gulai kambing ini sebaiknya Anda sediakan mentimun dan Bawang Merah guna untuk menetralisir kadar darah ataupun tensi darah Anda supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oke selamat mencoba dan semoga sukses dan jangan pernah kapok untuk memasak.
Resep Ini di Posting Oleh Makanan Enak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar