Senin, 13 Februari 2017

TIPS MEMBUAT RENDANG SAPI YANG EMPUK DAN LEZAT

TIPS MEMBUAT RENDANG SAPI YANG EMPUK DAN LEZAT 

Oke Mam kali ini admin akan mencoba share Bagaimana tips membuat rendang sapi yang empuk dan lezat. Rendang  sapi merupakan salah satu menu makanan yang asli dari Indonesia, tepatnya dari daerah Padang atau Minang. Makanan  yang terbuat dari daging sapi yang kaya akan bumbu rempah-rempah khas Indonesia membuat makanan ini menjadi salah satu menu yang paling difavoritkan oleh orang Indonesia khususnya.
Rasanya  yang khas dengan rempah-rempah Indonesia membuat makanan ini menjadi candu yang mungkin sangat susah untuk dihilangkan bagi warga Indonesia. Ternyata  rendang yang merupakan masakan asli Indonesia mampu menembus tingkat internasional dengan masuk sebagai kategori makanan terenak di dunia. Rendang  kini tidak hanya mendapatkan penggemar dari Indonesia saja namun dunia mengakui bahwa makanan yang satu ini memang terasa lezat.
Namun  bagi Kebanyakan orang bingung untuk membuat makanan rendang ini yang terbuat dari daging sapi terasa tidak keras dagingnya. Nah maka dari itu admin mencoba beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk membuat salah satu menu masakan yang menjadi makanan terenak di dunia ini sama seperti aslinya yaitu empuk dagingnya, lezat rasanya dan menarik tampilannya. Oke Langsung saja siapkan beberapa bahan yang akan kami bahas bahwa ini :
1. Pipihkan  Daging
Pipihkan  daging yang telah kita bersihkan dengan cara menekan ataupun memukul daging dengan benda yang bergerigi ataupun tumpul sehingga menjadi agak pipih. Cara  ini mungkin akan lebih efektif dibandingkan kita harus merebus daging yang memakan waktu lumayan lama.
2. Balur Dengan Nanas Yang Telah Dihaluskan
Cara  yang kedua ini berbeda dengan cara yang pertama. kalau Cara yang pertama itu kita pipihkan namun cara yang kedua ini Kita baluri dengan nanas yang sudah di haluskan. Mengapa menggunakan nanas karena nanas mengandung banyak enzim bromelin yang ampuh untuk membuat serat daging terurai dengan baik. Dengan begitu kita tidak perlu repot untuk merebus daging yang memakan waktu lumayan lama, cukup hanya merendam daging dengan nanas yang sudah dihaluskan selama 20 sampai 30 menit.
3. Balut Dengan Daun Pepaya
Cara  yang ketiga ini merupakan cara yang termasuk cara lama karena saya mendapatkan cara ini turun temurun dari kedua orang tua saya. Caranya  daging diberi bumbu terlebih dahulu setelah itu daging dibalut dengan daun pepaya yang sudah dibersihkan selama 45 menit. Untuk  mengisi waktu menunggu ada baiknya anda menyiapkan bahan bahan pelengkap lainnya untuk membuat rendang daging yang lezat adapun bahan-bahan yang diperlukan :
1. daging sapi lulur 500 gram potong melebar Kurang lebih 12 bagian
2. daun kunyit 2 lembar
3. daun jeruk 2 lembar
4. 4 serai 2 Batang dimemarkan
5. pekak 1 buah
6. kelapa parut sangrai 2 sendok makan
7. santan 1000-1500 ML dari 2 kelapa
8. minyak goreng 2 sendok makan
bumbu yang dihaluskan :
1. bawang merah 10 butir
2. bawang putih 6 siung
3. cabe merah 150 gram
4. cabe rawit sesuai selera
5. kemiri 5 butir tujuh
6. jinten setengah sendok teh
7. ketumbar 1 sendok teh
8. kunyit setengah cm
9. jahe 1 cm
10. garam secukupnya
cara pembuatan :
1.  Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan, daun kunyit, daun jeruk, serai dan pekak hingga harum
2. masukkan daging aduk hingga berubah warna
3. tuang santan dan tambahkan kelapa parut sangrai masak di atas api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih
4. kecilkan api Masak hingga daging matang berminyak dan kecoklatan
5. angkat dan sajikan
Demikian tips dan resep membuat rendang yang empuk dan lezat yang bisa anda praktekkan di rumah. Mungkin  resep ini dapat menjadi rujukan bagi Anda yang ingin mencoba masakan yang menjadi salah satu masakan terenak di dunia pada saat ini Oke jangan berhenti mencoba dan semoga berhasil.


Berita Ini di posting oleh Makanan Enak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar