Sabtu, 04 Februari 2017

RESEP CHOCOLATE LAVA CAKE ATAU MOLTEN LAVA COKLAT


RESEP CHOCOLATE LAVA CAKE ATAU MOLTEN LAVA COKLAT 

bagi seseorang yang masih belajar atau baru belajar memasak tentu saja selalu ingin mencoba masakan baru apalagi banyak artikel yang menjelaskan beberapa masakan atau cake yang baru dan sangat pesatdi internet. Begitu juga dengan saya yang masih baru belajar untuk membikin cake saya selalu mencoba hal-hal baru yang menurut saya itu sangatlah jadi tantangan sayang terakhirnya saya menemukan resep yaitu cara membuat chocolate lava cake ataupun molten lava coklat. 

Akan tetapi saya sering mendapatkan kegagalan karena Bahannya yang mungkin ada yang berlebihan atau kurang karena pembuatan cake itu harus menggunakan bahan yang sesuai takaran dan pemasakan yang sesuai waktu yang tepat misalnya seperti chocolate lava cake atau yang sering disebut molten lava coklat. yang akhir-akhir ini kembali populer setelah beberapa waktu lalu ngehit di mana-mana.

 molten chocolate lava cake adalah cake coklat yang lembut diluar dan lumer coklat di dalamnya usut punya usut adanya choco lava cake ini terjadi berawal dari kegagalan seorang koki ketika mengeluarkan cake coklat dari oven terlalu cepat sehingga membuat bagian dalam cake coklat masih cair dan meleleh seperti lava karena sang koki tidak mempunyai waktu untuk memanggang lagi maka sang koki menghidangkan coklat tersebut dengan nama choco lava cake. 

namun banyak juga yang menyebutnya dengan molten chocolate lava cake choco lava cake apapun itu namanya yang jelas cake ini sangat enak dan lezat ciri khas dari chocolate lava ke adalah bagian luarnya yang lembut dan moist namun bila di tengah ke dibelah akan mengalir lelehan coklat panas yang super super yummy cara membuat chocolate lava cake dapat dibilang susah-susah gampang namun ada tantangan tersendiri untuk menghasilkan dengan kondisi di atas karena kurang lama di panggang maka adonan bagian pinggir ke tidak akan mengeras hingga ketika cake dibalik menjadi buyar dan cairan coklat Akan menjadi meleleh kemana-mana dan tampilannya pun akan kurang menarik dan cantik nah yang kedua bila terlalu lama memanggang maka kita akan mengeras ke semua bagian sehingga tidak tercipta lelehan coklat yang lumer seperti lava.

Jadi intinya adalah membuat cake ini anda harus benar-benar memperhatikan waktu memanggang ya sebenarnya selain di panggang ini dapat dibuat dengan dikukus untuk kek yang dikukus biasanya bagian luarnya akan lebih basah tidak kering seperti kelapa yang dipanggang untuk resep chocolate lava cake sebagai berikut :

Bahan-bahan
5 porsi
  1. 115 gram Dark Compound Chocolate
  2. 85 gram Mentega
  3. 2 butir Telur Ayam
  4. 30 gram Gula Kastor
  5. 30 gram Tepung Terigu
  6. 1 sendok makan Cokelat Bubuk
  7. 1 gram Gula Icing
Langkah
45 menit
  1. Siapkan tempat sebanyak 5 cup (dapat menggunakan alumunium foil cup yang bundar seperti cup untuk muffin). Oleskan mentega dan taburkan sedikit terigu di cup akumunium foil tersebut.
  2. Lelehkan mentega dan coklat di wadah panci yang dibawahnya terdapat air mendidih. Sisihkan.
  3. Campurkan tepung terigu dan coklat bubuk, kemudian di ayak, sisihkan.
  4. Kocok telur dan gula kastor dengan kecepatan rendah, lalu lanjutkan dengan kecepatan tinggi, hingga berwarna kuning pucat. Ditandai dengan adonan yang bila di angkat dengan sendok akan jatuh seperti pita (kental), lalu turunkan kecepatan dan campurkan tepung serta coklat bubuk yang sudah di ayak. Mixer dengan kecepatan rendah sampai rata. Dilanjutkan dengan memasukkan coklat dan mentega yang sudah dilelehkan. Mixer sampai rata.
  5. Masukkan adonan sampai 3/4 di masing-masing alumunium foil cup. Dapat menggunakan scoop untuk es krim dengan takaran masing-masing cup adalah 3 scoop.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 190 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit. Set oven dengan menggunakan api atas dan bawah.
  7. Bila sudah matang, diamkan sebentar lalu keluarkan dari dalam cetakan di atas piring, dan taburkan gula icing agar lebih cantik penampilannya. :)
dengan teknik memasak yang sempurna pasti hasil masakan tersebut sesuai yang diharapkan dan dapat dinikmati sesuai deskripsi yang di atas Selamat mencoba dan Jangan takut untuk gagal.

Berita ini di Posting oleh Makanan Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar